Pengenalan 12d

 Tampilan awal dari software 12d

Tampilan awal 12d
  1. List project : berisi list project terakhir pengerjaan. Bisa diurutkan sesuai dengan jam terakhir akses, berdasarkan abjad nama project dan folder penyimpanan.
  2. Menu project : berisi tools untuk mengedit project yang dipilih (remove from list, copy project, move project, rename project, delete project, zip project, create desktop shortcut)
  3. Project folder : berisi folder penyimpanan project 12d.
  4. Project name : berisi nama project 12d
  5. New : membuat project baru
  6. Proceed : memproses/menjalankan project yang sudah dipilih.
Tampilan new project
5.a : berisi nama project baru
5.b : memilih folder penyimpanan project baru.
5.c : Deskripsi berisi informasi yang perlu ditambahkan terkait project yang akan dibuat.
5.d : menjalankan proses pembuatan project baru

Tampilan awal project 12d
Manu Project berisi :
  1. New : Membuat project baru
  2. Open : Membuka project
  3. Check Base Point : untuk mengetahui jumlah point dalam project
  4. Detail : memberikan keterangan pada project
  5. Management : untuk setting default project dan sistem proyeksi
  6. Restart : merestart project
  7. Save : menyimpan project
  8. Tree : Tampilan lengkap tentang isi project mirip windows explorer, membuat font baru, membuat simbol baru, ukuran kertas, dll.
  9. Utilities : untuk melihat nama project yang sedang dijalankan, mengcreate baru dan rebuild.
  10. Delete : menghapus project
  11. 12d model : berisi informasi tentang software (valid until, jumlah point maksimal, perusahaan pembuat software)
  12. User : pengguna software
  13. 12d model menu : menampilkan menu 12d dalam view yang berbeda dan menghindari sering klik yang menyebabkan error untuk versi crack.
  14. Exit : mengakhiri project.
File I/O 
  1. Data Input : untuk menginput data ke dalam project dari berbagai format pilihan.
  2. Data Output : untuk menghasilkan output dalam berbagai format pilihan
  3. Map file : untuk membuat dan mengedit map file (sistem pengkodean) Basic : berisi kode, keterangan kode, model, warna, dll.
  4. Label Map File : untuk membuat dan mengedit label map file (system pelabelan otomatis dengan menggunakan kode) Read : untuk menampilkan, Write : untuk menyimpan
  5. Use Label Map File : untuk menggunakan label mapfile yang sudah kita buat sebelumnya pada data yang kita miliki.
Edit 
  1. Undo : mengembalikan ke perintah yang sebelumnya.
  2. Cut : menghapus beserta memindahkan ke tempat yang terbaru.
  3. Copy : menduplikat file.
  4. Paste : menempelkan file yang sudah di cut/copy.
  5. Redo : ke perintah yang selanjutnya.
  6. Undo list : melihat daftar dari proses yang telah dilakukan untuk dilakukan pengembalian perintah.
View
  1. New : untuk menampilkan window baru : berupa plan, perspective dan section. Plan : untuk operasi data processing (tampak atas), Section : untuk operasi data profilling (tampak samping), Perspective : untuk penampakan perspektif 3D, Perspective Open GL : untuk penampakan perspektif 3D yang lebih ringan untuk processing perspective view juga untuk render texture.
  2. Views : untuk menampilkan seluruh view yang ada dalam current project berikut model-modelnya.
  3. View Info : untuk menampilkan informasi dalam view yang ada dalam project.
  4. Create : untuk mengcreate view plan, section & perspective serta memberi nama pada masing2 view tersebut.
  5. Dump : untuk mencapture view kedalam gambar (seperti print screen)
  6. Model save/restore : untuk mengesave atau merestore model dalam view tertentu
  7. Model transfer : untuk mengcopy paste model model antar view.
  8. Visualisation : berbagai object tampilan visualisasi untuk render 3D, seperti bentuk pohon, pagar, hutan, rumah, texture dll(harus punya lisensi)
Models
  1. Models : model-model yang ada pada project
  2. Model Info : untuk membuka informasi tentang model tertentu dalam 1 tabel,
  3. Model Info Tabel : untuk membuka informasi semua model dalam 1 tabel
  4. String Info Tabel : untuk membuka informasi string permodelan dalam 1 tabel
  5. Create : untuk membuat model baru
  6. Rename : untuk mengganti nama model
  7. Globe Rename : untuk mengganti nama model secara global
  8. Utilities : copy project models : untuk mengcopy model dari satu project ke project lain
  9. Clean : untuk mengkosongkan isi dari suatu model, namun model namanya masih ada
  10. Delete : menghapus model
Strings
  1. CAD : untuk pengolahan dan editing dengan CAD system
  2. Create : untuk membuat berbagai objek string (titik, garis, jalan, dll) dalam berbagai tipe string dan model tertentu
  3. Editor : untuk mengedit object
  4. Points Edit : untuk mengedit objek berupa point. Append : untuk menambahkan point di ujung objek, between : untuk menyisipkan point di antara 2 vertex dalam satu segment, Extend : untuk memperpanjang point, Height : untuk menyisipkan ketinggian pada point, insert : untuk menyisipkan point pada line/polyline, move : untuk memindahkan objek secara bebas, Add 3pt Curve : untuk membentuk curve dari 3 verteks dalam objek berbentuk line, Del 3pt Curve : untuk mendelete kurva
  5. String Edit : untuk mengedit objek berupa string. Change : untuk mengubah properties (nama, warna, model, style, dll) suatu objek, Clip : untuk mengklip (mengambil) suatu bagian tertentu (satu/beberapa segmen) dari objek/string, close : untuk menutup line menjadi poligon tertutup, Delete : menghapus objek, Duplicate : menduplikasi objek, join : untuk menggabungkan satu atau dengan satu atau beberapa objek lain secara satu persatu (string 1-2, string 1-2, dst), join many : untuk menggabungkan satu atau dengan satu atau beberapa objek lain secara sekaligus (string 1-2, string 2, string 3, dst), Open : untuk membuka poligon tertutup, parallel : untuk membuat offset objek dengan jarak dan tinggi tertentu, reverse : untuk mengganti arah objek (clockwise/anti-clockwise), translate : untuk mengcopy dan/atau menggeser objek.
  6. Cogo : untuk operasi create, edit dll dalam sistem Cogo (Coordinate Geometry)
  7. Convert : untuk mengkonversi suatu tipe string ke dalam bentuk tipe string lainnya.
  8. Label : untuk pemberian label pada objek, berupa chainage, cut/fill, dll.
  9. Strings Properties : untuk mengedit properties suatu string
  10. Delete : menghapus objek/string
Tins
  1. Tins : melihat daftar tin yang sudah ada.
  2. Tins info : informasi tentang tin yang sudah ada
  3. Check Breaklines : memeriksa breaklines baik berupa duplikasi, imtersection, identik, dll.
  4. Create : untuk membuat tin, Triangulate data : model, view, model list, dll. function : untuk membuat fuction dari suatu tin, supertin : membuat tampilan merger beberapa tin yang sudah ada.
  5. Edit : untuk mengedit tin.
  6. Boundary : untuk boundary dari tin (diambil dari batas tin terluar)
  7. Colour : untuk memberi warna bagi tin dan editing tin lainnya yang serupa sistem pewarnaan.
  8. Contour : untuk membuat kontru dari data tin, Contour smooth and label : untuk membuat kontur, smooth dan label secara bersamaan, contour : untuk membuat kontur dari tin, depth contour : garus kontur yang membedakan warna antara cut and fill maupun zero. label : untuk memberi label pada kontur, smooth : untuk mensmooth garis kontur. 
  9. Drape : untuk memproyeksikan objek ke dalam suatu tin
  10. Inquire : untuk mengetahui informasi kontur dari tin yang ada
  11. Null : untuk mengedit tin dalam kaitan batasan-batasan tertentu yang diikutkan atau tidak dalam pembuatan tin (include, exclude, null by string, point, dll)
  12. Utilities : beberapa kegunaan lain yang dapat dilakukan dari tin
  13. Sections : untuk membuat gambar penampang, Long Sections : membuat long sections sepanjang strings dalam tin, mesh overtin : membuat mesh grid diatas tin, polygon sections : membuat kumpulan section searah yang mencakup daerah poligon dalam sebuah tin, X-Sections : membuat cross sections dari string, Delete : menghapus tin
Survey
  1. Setup : menentukan data collector yang aka digunakan, mengedit parameter-parameter pada data collector tersebut.
  2. Download raw : untuk download dari alat langsung (raw data)
  3. Convert raw : untuk mengkonversi raw data yang sudah ada di dalam komputer ke format 12 (*.fld)
  4. Create : menginput data yang sudah diconvert ke dalam project
  5. Field data : survey data reduction function untuk mereduksi data dengan memanggil data yang akan direduksi, serta diperlukan mapfile yang akan digunakan.
  6. Edit Reduction : untuk mengedit data yang sudah direduksi ke dalam project
  7. Report : untuk menampilkan report survey yang telah direduksi
  8. Adjusment : untuk melakukan adjusment dengan berbagai metode
  9. Convertion : Survey conversion
  10. Geodetic : melakukan perhitungan geodetis, azimut matahari/bintang, proyeksi sistem koordinat. dll
  11. Traverse Spreadsheet : pembuatan dan editing parameter kolom-kolom (spreadsheet) untuk perhitungan traverse/poligon
  12. Setout/Upload/TP Stake Out/ Set Out : untuk pembuatan data stake out dan upload
Design
  1. Template : pembuatan dan edit desain template
  2. Apply : menggunakan template yang sudah dibuat, Apply default : untuk setting default apply, apply : untuk menggunakan satu macam template dalam desain, apply many : untuk menggunakan satu atau lebih template dalam aplikasi desain (menggunakan MTF, Many template files), berikut dengan editing MTF lainnya. Kerb Return : untuk mendesain tepi belokan jalan.
  3. Boxing : untuk membuat ketebalan (lapisan) tertentu pada desain jalan yang dibuat
  4. MTF : membuat multi templat pada satu desain jalan
  5. Drainage : membuat desain drainage (saluran air)
  6. Pipeline : membuat desain jalur pipa
  7. Volume : menghitung volume, End Area :Volume dengan metode tiap section (Tin to height : volume terhadap ketinggian tertentu, tin to tin : volume antara dua tin), Exact : volume dengan metode prisma segitiga (Removal Calc : menghitung galian dari ketinggian tertentu secara berkala suatu tin, Storage Calc : menghitung timbunan (menghitung kapasitas vol tangki, bendungan, dll) dari ketinggian tertentu secara berkala terhadap suatu tin, Tin To Height : Volume terhadap ketinggian tertentu, Tin To Tin : Volume antar dua tin), Grid Cell : volume antara 2 tin dengan metode grid, Tin To Tin ht range : volume antara 2 tin dengan metode perhitungan gradasi tinggi
  8. Estate/lots : untuk membuat area kavling-kavling tanah
  9. Pads : untuk membuat desain alas (cut/fill) untuk proyek konstruksi / lainnya
  10. Rivers : untuk membuat desain dan editing sungai untuk diimport/export ke software pengolahan sungai lainnya (Mike11, XPSWMM, Hec-Ras)
  11. Road : untuk membuati desain jalan lainnya, seperti traffic island dan lainnya
  12. X-Sections : untuk membuat cross section dengan berbagai metode.
Drafting
  1. Bearing/Distance Labelling : membuat label sudut dan jarak string
  2. Create Line Marking : untuk membuat garis marka dari suatu string
  3. Create Title Block : membuat title block file dari suatu model untuk pengeplotan
  4. Multi String Translate : memindahkan kumpulan string
  5. North Arrow : menampilkan simbol arah utara 
  6. Scale Bar : untuk membuat skala garis
  7. Test and Tables : untuk membuat dan mengedit segala hal yang berkaitan dengan text dan tabel2.
Plot
        Untuk membuat dan mengedit segala hal yang berkaitan dengan frame, title block, pen/plotter mapping dan pengeplotan

Report
  1. Edit : untuk menampilkan dan mengedit file-file laporan (*.rpt) yang ada pada project
  2. Coords/Brg-Dst : membuat file laporan berupa koordinat dan sudut-jarak
  3. Length/Area : membuat file laporan berupa panjang string dan area (hanya bisa dilakukan jika berupa poligon tertutup)
Utilities
  1. Snaps : untuk operasi snap point, line, text, dll
  2. Chains : untuk rekalkulasi function, resolving superaligment, merekam ulang dan menjalankan ulang banyak opsi dalam 12d dan menjalankan program eksternal
  3. Function : untuk menjalankan dan editing semua yang berkaitan dengan function
  4. Macros : untuk membuat, mengedit, dan menjalankan program eksternal macro
  5. Measure : untuk melakukan berbagai pengukuran, angle x 3 pts : mengukur sudut tengah dari tiga titik yang dihubungkan, bearing/distance : mengukurn azimuth dan jarak, plan area : mengukur luas area pada bidang datar, surface area : untuk mengukur luas area pada suatu tin, value : mengukur berbagai nilai koordinat, chainage, jarak, dll.
  6. Recalc : mengedit dan perhitungan kembali fungsi-fungsi yang sudah dilakukan
  7. Fence : untuk proses pemisahan dan merger data, fence : untuk memisahkan data menjadi 2 model, fence stem : untuk memisahkan data menjadi beberapa model sesuai asalnya hanya diberi akhiran, multi fence : untuk memisahkan data menjadi duat model, multi fence stem : untuk memisahkan data menjadi beberapa model sesuai asalnya hanya diberi akhiran
  8. Super String : untuk mengedit objek yang bertipe superstring
  9. A-G : Fasilitas editing dengan awalan huruf A sampai G
  10. H-Z : Fasilitas editing dengan awalan huruf H sampai Z
User : untuk editing berbagai fasilitas dan fungsi sesuai dengan keinginan pengguna.

Window : untuk penyusunan window view yang ingin ditampilkan

Help
  1. 12d Model : untuk menampilkan help sesuai topik yang diinginkan
  2. 12d Macro Manual : untuk menampilkan petunjuk pembuatan program macro
  3. About 12d Model : untuk menampilkan lisensi yang diberikan 12d kepada pengguna.

Muhammad Randi Satrio
Muhammad Randi Satrio Perkenalkan nama panggilan saya Randi, pada situs ini saya ingin berbagi tentang pengalaman yang sudah saya dapatkan. Semoga dapat membantu teman-teman yang membutuhkan informasi yang serupa.

Posting Komentar untuk "Pengenalan 12d "